Pendidikan Indonesia Berkarakter yang “Cerdas” dan Karakteristik Manusia Indonesia Seutuhnya - SD NEGERI KAYANG
Headlines News :

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Download

Home » » Pendidikan Indonesia Berkarakter yang “Cerdas” dan Karakteristik Manusia Indonesia Seutuhnya

Pendidikan Indonesia Berkarakter yang “Cerdas” dan Karakteristik Manusia Indonesia Seutuhnya

Written By MARICA DESA KAYANG on Senin, 08 April 2013 | 22.31


Menurut UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pengertian daripada pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Dilihat dari pengertiannya indikator keberhasilan pendidikan indonesia menuju karakteristik manusia seutuhnya yaitu kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya danmasyarakat. Sedangkan karakter ialah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat. Maka yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Selain itu dalam artikel ilmu pendidikan arti dari pendidikan karakter yaitu sebuah sistem yang menamamkan nilai-nilai karakter kepada anak usia sekolah yang dimana nilai-nilai tersebut memiliki komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad, serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama manusia, dengan lingkungan, maupun kepada bangsa sehingga akan terwujud menjadi manusia insan kamil. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal I UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.
Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalarmerencanakanmemecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.Tujuan daripada pendidikan Indonesia secara komprehensif ialah mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama para generasi penerus bangsa yang memiliki kecerdasan yang telah dicantumkan dalam peraturan pendidikan. Lalu cerdas yang bagaimana yang dimaksudkan oleh undang-undang ??, maka cerdas yang dimaksud yang tercantum dalam visi dan misis departemen pendidikan nasional yakni menjadi “insan Indonesia Cerdas Komprehensif, Kompetitif, dan Bermartabat (Insan kamil/Insan Paripurna) yang dimaksud tersebut adalah insan yang secara komprehensif cerdas spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan kinestetis. Untuk lebih jelasnya lagi diantaranya sebagai berikut :
A.    Makna Insan Indonesia Cerdas Komprehensif
1. Cerdas Spiritual
  • Beraktualisasi diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul.
2. Cerdas Emosional dan Sosial
  • Beraktualisasi diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiativitas akan kehalusan dan keindahan seni dan budaya, serta kompetensi untuk mengapresiasikannya.
  • Beraktualisasi diri melalui interaksi sosial yang : a) Membina dan memupuk hubungan timbal balik, b) demokratis; c) empatik dan simpatik; d) menjunjung tinggi hak asasi manusia; e) ceria dan percaya diri; f)menghargai kebhinekaan dalam bermasyarakat dan bernegara; g) berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara
3. Cerdas Intelektual
  • Beraktualisasi diri melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Aktualisasi insan intelektual yang kritis, kreatif, inovatif, dan imajinatif
  • Cerdas Kinestetis
  • Beraktualisasi diri melalui olah raga untuk mewujudkan insan yang sehat, b ugar, berdaya tahan, sigap, terampil dan tengginas
  • Aktualisasi insan dan raga
B.  Makna Insan Indonesia Kompetitif dan Bermartabat
  • Berkepribadian unggul dan gandrung akan keunggulan
  • Bersemangat juang tinggi
  • Mandiri
  • Pantang menyerah
  • Pembangunan dan pembina jejaring
  • Bersahabat dengan perubahan
  • Inovatif dan menjadi agen perubahan
  • Produktif
  • Sadar mutu
  • Berorientasi global
  • Pembelajaran sepanjang hayat
  • Menjadi rahmat bagi semesta alam
 Mewujudkan manusia Indonesia menjadi manusia seutuhnya dapat dicirikan dengan karakteristik individu indonesia disebutkan dalam salah satu artikel diantaranya :
  1. Berusaha untuk menggali pengetahuan Indonesia
  2. Berusaha membangun jati diri manusia Indonesia
  3. Selalu melakukan rekonsialiasi menuju persatuan nasional
  4. Membantu membangun kemerdekaan ekonomi
  5. Membantu mengembangkan politik perjuangan
  6. Membantu dalam mengembangkan kebudayaan nasional yang ber-bineka tunggal ika
  7. Membantu memperkuat pertahanan nasional
Referensi :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Template Information

Hub : Ahmad Anwar Sappa Email : ahmadsappa@gmail.com Email : maricadesakayang@gmail.com Grup : SMKN Kayang CP : 085227471518
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SD NEGERI KAYANG - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya